Grojogan Sewu Tawangmangu

Indonesia adalah negara dengan sejuta kekayaan alam yang indah. Banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang khas dari setiap daerahnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah objek wisata air terjun grojogan sewu. Keindahan alamnya mampu menarik wisata untuk selalu datang kesana. Kira-kira seperti apa ya objek wisata yang satu ini? Berikut ini uraian detail mengenai objek wisata air terjun grojogan sewu Karanganyar.

grojogan sewu

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Air terjun grojogan sewu terletak di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kab Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada di lereng gunung Lawu dan terletak sekitar 27 km dari kota Karanganyar sebelah timur. Lokasinya yang sangat asri hal ini dikarenakan wisata ini merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Harga tiket masuk ke wisata ini adalah berkisar sekitar Rp 17.000,00/orang. Wisata air terjun buka setiap hari yaitu pada pukul 07.00-17.00 WIB. Pada saat weekend biasanya pengunjung akan memadati objek wisata ini. Terutama bagi mereka yang datang bersama dengan keluarga besar untuk menikmati keindahan air terjun ini.
Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai di objek wisata air terjun grojogan sewu apabila berangkat dari kota Semarang, pengunjung bisa menuju jalur Solo. Dari jalur Solo pengunjung kemudian bisa menuju Karanganyar kota melewati Palur. Apabila sudah tiba di Karanganyar kota, pengunjung akan melewati terminal Tawangmangu. Dari sana lokasi wisata sudah tidak terlalu jauh namun jalan yang ditempuh agak menanjak dan berkelok-kelok.

Sedangkan apabila pergi menggunakan transportasi umum seperti bus, pengunjung bisa naik bus dengan tujuan terminal Tawangmangu. Dari sana pengunjung bisa berjalan kaki sekitar 1 km dengan kondisi jalan menanjak dan berkelok. Namun tidak perlu khawatir karena ada angkot maupun ojek yang bisa dipilih pengunjung sebagai sarana transportasi jika tidak ingin kelelahan berjalan kaki.

Baca juga wisata : Candi Cetho

Daya Tarik Air Terjun Grojogan Sewu

pengunjung grojogan sewu

Setiap tempat wisata tentu memiliki daya tarik yang mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke tempat wisata. Sama halnya dengan wisata air terjun ini yang memiliki beberapa daya tarik yang cukup unik. Daya tarik air terjun grojogan sewu yang perlu diketahui antara lain:

1. Debit Air Sangat Deras

Salah satu daya tarik dari air terjun ini adalah debit airnya yang sangat deras dengan tinggi kurang lebih 80 meter. Hal ini tidak mengherankan karena air terjun grojogan sewu merupakan air terjun ke 12 tertinggi di Indonesia. Air yang jatuh dari ketinggian itu berasal dari kaki gunung Lawu yang sangat jernih dan segar. Namun meskipun begitu pengunjung dilarang mandi di bawah terjunan air karena akan membahayakan.

2. Terdapat 1250 Anak Tangga

Daya tarik yang satu ini mungkin tidak akan ditemukan pada semua wisata air terjun di Indonesia. Setelah sebelumnya membayar tiket masuk, pengunjung akan menuju lokasi air terjun dengan menuruni anak tangga sejumlah 1250. Jumlah ini sesuai dengan penamaan tempat wisata air terjun ini. Memang cukup melelahkan, namun hal tersebut sepadan dengan pemandangan air terjun yang akan ditemui di bawah.

3. Sekumpulan Kera Hidup Bebas

Karena wisata ini masih satu bagian dengan hutan wisata grojogan sewu maka tidak heran jika pengunjung akan disambut oleh kera yang berkeliaran bebas. Kera-kera tersebut dibiarkan hidup secara liar dan bebas dengan jumlah yang cukup banyak. Meskipun kera sudah jinak namun pengunjung tetap harus waspada dalam menjaga barang bawaan.

4. Sajian Kuliner Unik

Jika kebanyakan orang akan menikmati sate kambing atau ayam kali ini berbeda. Ketika berkunjung ke wisata air terjun grojogan sewu, pengunjung akan dimanjakan dengan sajian kuliner unik yaitu sate kelinci. Makanan ini sangat menyehatkan terutama untuk menurunkan kolesterol, rendah kadar lemak hingga obat asma. Sehingga bagi yang belum pernah menikmati hidangan ini tentu akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan.

5. Akses Aman Menuju Air Terjun

kera di grojogan sewu

Daya tarik lainnya dari objek wisata ini adalah akses yang aman menuju ke lokasi air terjun. Dalam hal ini jalan sudah dicor sehingga menambah kenyamanan bagi pengunjung saat berjalan kaki. Selain itu untuk menambah keamanan selama di perjalanan menuju lokasi juga terdapat handle untuk pegangan dan pembatas. Sehingga pengunjung tidak perlu takut akan terjatuh.

Fasilitas Yang Ada Di Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Beberapa fasilitas disediakan oleh pengelola wisata agar pengunjung semakin nyaman dalam menikmati liburannya. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya area flying fox yang sangat memicu adrenalin. Selain itu juga terdapat mini waterboom sekaligus kolam renang dan area bermain yang sangat cocok untuk anak-anak.

Bagi yang ingin menyusuri sungai juga bisa mencoba fasilitas mini rafting yang disediakan pihak pengelola.
Selain itu apabila kelelahan tidak perlu khawatir karena disana tersedia gazebo untuk beristirahat. Bagi pengunjung yang datang dari luar kota juga bisa mampir ke toko souvenir yang menjual barang-barang khas Karanganyar. Toko makanan juga berjejer rapi di sepanjang tempat wisata ini.

Untuk pengunjung muslim tersedia mushola lengkap dengan peralatan sholat sehingga tidak perlu khawatir tertinggal waktu sholat. Toilet dan taman binatang hutan juga turut disediakan untuk menambah kenyamanan pengunjung.

air terjun tawangmangu

Nah itulah uraian detail mengenai wisata air terjun grojogan sewu. Karena ini merupakan wisata alam sebaiknya sebelum bepergian persiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya dengan baik. Seperti baju ganti, peralatan mandi, obat-obatan maupun yang lainnya. Siapkan energi dengan baik dan jangan lupa membawa air mineral mengingat anak tangga berjumlah ribuan dan pasti akan menguras tenaga.