Pasar Klewer Pusat Perbelanjaan Terbesar di Solo

Pasar Klewer – Siapa yang tidak kenal dengan Pasar Klewer? Pasar yang menjadi ikon kota Solo ini merupakan pasar pusat pembelian kain dengan kualitas yang oke dan harganya yang miring. Selain itu, pasar ini pun merupakan salah satu pusat pasar batik nusantara. Yang lebih kerennya lagi, pasar ini telah menyandang predikat pasar produksi tekstil terbesar yang berada di kawasan Asia Tenggara.

pasar klewer

Lokasi Dan Jam Operasional Pasar Klewer

Lokasi pasar ini sendiri sangat mudah ditemukan yakni tepat berada di jalan Dr. Radjiman, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Bagi yang ingin berbelanja atau hanya sekedar berkeliling mengunjungi pasar ini, maka bisa datang dari mulai jam 08.00 sampai dengan pukul 17.00.

Rute Menuju Pasar Klewer

Rute menuju pasar ini bisa ditempuh baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Jika pemberangkatan pertama di mulai dari kota Yogyakarta, maka bisa memilih rute jalan Jogja – Solo. Jika sudah sampai di Solo, maka tinggal mengikuti saja papan petunjuk jalan menuju ke arah keraton Surakarta. Letak dari posisi pasar tersebut pun berada di sekitaran komplek keraton Mangkunegaran.

Selain dengan cara di atas, agar bisa sampai di Pasar Klewer maka bisa juga menggunakan alat transportasi kereta api jurusan Solo yang turun di stasiun Purwasari. Setelah sampai di stasiun purwasari, maka perjalanan pun bisa dilanjutkan dengan menggunakan trans Solo yang menuju ke arah keraton Surakarta.

Sejarah Pasar Klewer

Pada masa penjajahan Jepang, pasar ini merupakan tempat perhentian kereta api serta tempat yang digunakan oleh masyarakat sekitar untuk urusan perdagangan. Pada mulanya, pasar ini sendiri bernama pasar slompretan. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut mempunyai arti terompet. Nama tersebut diberikan kepada pasar ini karena disesuaikan dengan bunyi klakson kereta api yang ada di pasar tersebut mirip dengan bunyi terompet. Dari sanalah nama pasar ini disebut dengan nama pasar slompretan.

Masih sama dengan zaman dahulu, Pasar ini merupakan pusat penjualan kain batik yang terkenal dengan kualitasnya yang oke dan harganya yang miring. Para pedagang sendiri membawa kain batik dagangannya dengan cara dipikul atau ditumpukkan di atas pundak mereka. Kain batik yang dipikul oleh para pedagang sendiri senantiasa terlihat menjuntai dan sedikit berantakan, dalam bahasa Jawa hal tersebut dikenal dengan istilah kleweran. Dari sanalah, pasar tersebut berganti nama dengan sebutan Pasar Klewer bukan lagi dengan pasar Slompretan.

lokasi pasar klewer

Baca juga artikel : Pura Mangkunegaran

Fakta Yang Jarang Diketahui Oleh Orang Mengenai Pasar Klewer

Dibalik megahnya pasar ini sekarang, tidak banyak yang tahu bahwa dulunya pasar ini pernah terbakar hebat. Kebakaran tersebut terjadi lebih tepatnya pada tahun 2014 silam. Kebakaran yang menimpa pasar ini mengakibatkan rusak yang cukup parah dan selama satu setengah tahun kemudian barulah pasar tersebut kembali dibangun. Selama pembangunan tersebut, para pedagang mulai kembali menjajakan dagangannya di pasar darurat atau pasar sementara. Pasar tersebut dibuat oleh pemkot Solo tepatnya di Alun-Alun Utara Kota Solo itu sendiri.

Setelah renovasi selesai, peresmian pasar ini pun dilakukan pada tahun 2017 yakni pada tanggal 21 April bertepatan dengan lahirnya Raden Ajeng Kartini. Peresmian tersebut dilakukan oleh Bapak Presiden Joko Widodo serta dihadiri oleh Ibu negara Yakni Iriana Joko Widodo, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, dan dihadiri juga oleh beberapa Mentri.

Pembangunan pasar ini sendiri menghabiskan dana yang tidak kecil yakni sekitar Rp. 200 Miliar. Dana itu sendiri berasal dari berbagai macam bantuan dana pemerintah diantaranya dari dana APBN, APBD kota Solo, dan bantuan dari Gubernur Jawa Tengah yang menjabat pada saat itu. Sekarang fasilitas di pasar ini pun menjadi lebih lengkap seperti adanya area parkir yang luas, mushola, toilet, dan eskalator untuk mempermudah para pedagang dan pembeli. Sedangkan kios yang tersedia mencapai 1.713 kios dan pelataran untuk para pedagang yang menjajakan dagangannya.

Barang-Barang Yang Dijual Di Pasar Klewer

Di pasar ini banyak sekali barang-barang yang dijajakan oleh para pedagang. Selain pakaian batik untuk anak-anak dan dewasa serta pusat kain batik se Asia Tenggara, pasar ini pun menjual barang-barang yang lainnya. Seperti tas, sepatu, jaket, dasi, kaos santai, dan kebutuhan fashion yang lainnya.

Selain kebutuhan fashion, pasar ini pun menjajakan kebutuhan yang lainnya seperti seprai, sarung bantal, aksesoris untuk membatik, makanan, minuman, kerajinan, alat elektronik, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka bisa dikatakan bahwa pasar ini merupakan pasar yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

pusat perbelanjaan klewer

Tips Berbelanja Di Pasar Klewer Agar Lebih Nyaman

Jika ingin berbelanja ke pasar ini, maka ada beberapa tips yang harus dilakukan agar kegiatan berbelanja lebih nyaman. Adapun beberapa tips tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Catat Daftar Belanjaan Yang Akan Dibeli

Tips pertama yang harus dilakukan agar berbelanja di pasar ini lebih nyaman adalah mencatat daftar belanjaan yang akan dibeli. Dengan adanya catatan tersebut, maka setelah sampai di pasar tidak bingung harus memikirkan apa yang harus dibeli.

2. Datanglah Lebih Awal

Selain mencatat daftar belanjaan yang akan dibeli, tips agar berbelanja di pasar ini lebih nyaman lagi adalah datang lebih awal. Hal tersebut agar menghindari desakan dengan para pengunjung pasar yang lainnya. Suasana yang masih lengang, tentunya akan memudahkan saat berbelanja di pasar ini.

3. Siapkan Uang Receh Atau Uang Pas

Selain ketiga tips di atas, tips yang lainnya adalah menyiapkan uang receh atau uang pas. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali, dengan membayar memakai uang receh atau uang pas, kamu tidak perlu lama-lama untuk menunggu kembalian dari pedagang.

4. Memakai Pakaian Santai

Tips selanjutnya agar berbelanja lebih nyaman di pasar ini adalah kenakan pakaian santai. Memakai pakaian santai ke pasar tentunya sangat bermanfaat sekali yakni agar badan tidak gerah.

5. Bawa Tas Belanjaan Sendiri

Dan tips yang terakhir adalah membawa tas belanjaan sendiri. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat sekali, karena biasanya para pedagang akan memberikan kantong plastik yang kecil-kecil saat membeli dagangan mereka. Dengan membawa tas belanjaan sendiri, maka kantong plastik tersebut bisa disatukan dengan tas belanjaan yang dibawa sendiri.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai Pasar Klewer. Bagi yang ingin mendapatkan kualitas barang yang oke punya terutama yang ingin membeli baju atau kain batik, maka pasar inilah yang sangat cocok untuk dijadikan tempat belanja. Harganya yang miring pun tentunya menjadi salah satu keunggulan dari pasar ini.