Puri Taman Saraswati Sejarah Lokasi dan Pesona

Puri Taman Saraswati  – Jika berkunjung ke Karang Anyar, Jawa Tengah, jangan lupa untuk berkunjung juga ke salah satu taman bernuansa religi. Taman ini cukup terkenal karena terdapat sebuah patung dewi yang menyimbolkan arti yang mendalam. Lokasi ini dinamai dengan Puri Taman Saraswati.

puri taman saraswati

Puri Taman Saraswati ini memang sering digunakan sebagai tempat beribadah bagi pemeluk agama Hindu. Disini juga sering dijadikan tempat untuk menggelar beberapa acara besar. Pemandangannya yang indah dengan udara yang menyejukkan membuat tempat ini juga sering dikunjungi wisatawan dan untuk beribadah.

Sejarah Puri Taman Saraswati

Puri taman saraswati merupakan bagian dari candi ceto. Candi ini pertama kali dibangun pada tahun 1842 oleh Van de Vlies. Taman ini telah diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Karanganyar serta tak luput juga oleh Bupati Gianyar Bali. Beberapa orang mengatakan jika penduduk dari Gianyar dan Gumeng merupakan satu garis keturunan, khususnya untuk yang memeluk agama Hindu.

Dalam tempat wisata ini, titik fokusnya berada pada patung dewi saraswati. Patung ini memiliki banyak makna yang sangat berarti. Manifestasi oleh Hyang Widhi yang merupakan Dewa Ilmu Pengetahuan dilambangkan dalam Dewi ini.

Dewi saraswati merupakan sesosok dewi kecantikan dan juga memiliki kharisma dari wibawanya. Selain itu, ia memiliki daya tarik yang sangat luar biasa karena dewi ini sangat kaya akan ilmu pengetahuan. Orang yang seperti ini dapat diibaratkan dengan bunga warna merah menyala yang tidak memiliki harum sama sekali.

Lokasi Wisata

Jika ingin berkunjung ataupun beribadah disini, tidak perlu takut jika kesulitan untuk mencapai lokasi ini. tempat ini sudah cukup terkenal di karanganyar. Objek wisata ini tepatnya berada di kecamatan jenawi, kabupaten karanganyar, jawa tengah. agar dapat mencapai lokasi, pengunjung harus masuk terlebih dahulu ke komplek Candi ceto karena lokasi wisata ini juga merupakan bagian dari candi ceto.

lokasi puri taman saraswati

Baca juga : bukit sekipan tawangmangu

Lokasi wisata ini memang memiliki pemandangan yang indah dan suasananya yang sangat sejuk dan menyegarkan. Hal ini dikarenakan lokasi ini berada di daerah perhutanan lereng Gunung Lawu. Ketinggiannya yang mencapai hingga 1470 meter diatas permukaan air laut akan membuat tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk refreshing dan merilekskan pikiran.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi ini. namun, pengunjung diharuskan berjalan kaki ketika hampir mencapai lokasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk

Puri taman saraswati memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat beribadah ataupun hanya sekedar untuk merilekskan diri. Pemandangannya yang indah ditambah udaranya yang sangat menyegarkan akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berkunjung ke tempat wisata ini. tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah datang berkunjung untuk menikmati kesegaran udara dan pemandangannya yang menyejukkan.

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Harga tiket masuk yang ditawarkan sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 7.000 saja untuk per orangnya. Sebagai informasi tambahan, tempat wisata ini dapat dikunjungi saat weekday maupun weekend.

Jadi harga tiket masuk untuk weekday maupun weekend akan berbeda. Harga tiket masuk dapat berubah-ubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

tiket puri taman saraswati

Pesona Puri Taman Saraswati

Memang benar jika ingin datang ke tempat wisata ini, pengunjung juga harus menempuh perjalanan yang sedikit jauh. Pengunjung juga disarankan untuk menempuh perjalanan singkat dengan berjalan kaki. Namun, pemandangannya yang mempesona akan membuat wisatawan tidak akan menyesal untuk datang ke tempat ini. pesona dan suasana yang ada pada tempat wisata ini akan mampu menyejukkan hati dan pikiran pengunjung. Berikut informasi selengkapnya :

Pemandangan Yang Indah

Destinasi wisata ini memang terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di lereng pegunungan ditambah lagi lokasinya yang dekat dengan hutan pinus. Sehingga pesona dari puri taman saraswati ini akan maksimal. Ada juga patung dewi saraswati yang menambah pesona destinasi wisata ini.

Simbol Ibadah Agama Hindu

Selain menjadi destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar, puru taman saraswati ini juga dijadikan sebagai tempat beribadah bagi agama hindu. Pengunjung diharapkan untuk berlaku sopan dan mematuhi aturan yang berlaku disini. Karena digunakan sebagai tempat persembahyangan, tempat ini dianggap suci sehingga pengunjung yang ingin beribadah disini harus “bersih”.

Semua yang ada di destinasi wisata ini memiliki makna tersendiri. Mulai dari patung dewi saraswati hingga arca dan bangunan yang ada disini semuanya memiliki arti. Disini juga diberlakukan tata cara berkunjung yang harus dipatuhi agar tidak mengganggu tempat peribadahan ini. Pengunjung disini diharapkan untuk menggunakan alas kaki dan kain yang telah disediakan.

pesona puri taman saraswati

Patung Yang Eksotis

Objek utama dari tempat wisata ini adalah patung dewi saraswati. Dewi saraswati ini melambangkan keanggunan dari seorang dewi yang berilmu pengetahuan. Patung ini dengan anggun berada diatas bunga teratai dan ditemani oleh angsa putih membuat destinasi wisata ini terasa lebih religi. Ada juga bangunan dan arca yang menarik terdapat pada wisata ini.

Suasana Yang Asri

Suasana yang ada di puri taman sari ini memang sangat asri. Dikelilingi oleh hutan pinus dan letaknya yang berada pada lereng gunung sangat mendukung suasana asri. Maka dari itu, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat peribadahan oleh umat yang beragama Hindu.

Destinasi ini memang kental dengan suasana religi. Tak heran jika bangunan dan patung yang ada disini sangat kental dengan kebudayaan Hindu.

Sudah tertarik untuk berkunjung ke Puri taman sari? Jika berkunjung ke puri taman saraswati, usahakan saat tubuh sedang fit dan bersih. Di destinasi wisata ini juga berlaku aturan yang harus dipatuhi. Maka dari itu, pengunjung diharapkan menyesuaikan diri dengan aturan dan menjaga tingkah laku saat berkunjung.