Rute Dan Fakta Taman Balekambang Surakarta Setelah Renovasi

Taman Balekambang Surakarta ini sudah ada sejak masa kerajaan. Taman kota yang terbesar ini ada sejak tahun 1921. Dan yang didirikan oleh Mangkunagara, sebelumnya nama Taman Balekambang ini adalah Taman Partini Tuin. Nama taman tersebut diambil dari nama putri kesayangannya Mangkunagara sebelum berganti menjadi Taman Balekambang.

Dan di tempat ini juga menjadi sejarah grup ketoprak yang terkenal di Indonesia. Setelah masa kelam dari taman ini, dilakukannya perombakan yang besar besaran pada taman tersebut. Di bawah ini adalah apa saja fakta setelah dilakukannya renovasi pada taman tersebut, dan bagaimana cara menuju ke Taman Balekambang yang berada di Solo.

taman balekambang surakarta

Fakta Setelah Perombakan

Pada saat itu dengan seiring berjalannya waktu Taman Balekambang kurang mendapat minat dari pemerintah maupun masyarakat. Dan pada saat tahun 2008, masa saat bapak Joko Widodo sudah menjabat menjadi walikota dilakukan renovasi. Berikut ini adalah fakta Taman Balekambang setelah terjadinya renovasi pada saat itu.

Suasana Yang Semakin Asri

Dan fungsi dari tempat ini sudah mulai menyimpang. Yang awalnya digunakan untuk melestarikan budaya dan sebagai ruang terbuka. Malah beralih fungsi menjadi prostitusi terselubung dan bar yang ilegal.

Maka saat berkunjung ke Kota Solo dan ingin mengunjungi tempat yang asri dan damai, maka bisa mencoba untuk mengunjungi taman ini. Setelah dilakukannya renovasi Taman Balekambang Solo ini. Menjadi taman yang cocok untuk berpiknik bersama keluarga tercinta atau sahabat, karena suasananya yang asri dan nyaman.

Tempat ini juga disebut sebagai Kebun Raya Bogornya orang Solo dengan versi yang lebih kecil. Di taman ini juga terdapat beberapa pohon langka yang menjulang tinggi, dan membuat suasana semakin asri. Selain itu di sini banyak juga jenis pohon yang lain, yang telah tertata rapi.

Sehingga bisa digunakan untuk tempat berteduh saat mengunjungi taman ini pada siang hari. Di tempat ini juga ada banyak kursi bagi pengunjung yang ingin sekedar mengobrol bersama keluarga dan teman. Atau jika hanya ingin menikmati asrinya suasana Taman Balekambang ini.

Baca juga : Taman Satwa Taru Jurug

taman balekambang suasana asri

Terdapat Aneka satwa

Selain tempatnya yang asri, di Taman Balekambang Solo ini juga terdapat beraneka satwa yang bisa dilihat seperti rusa, angsa, monyet, reptil, dll. Selain pengunjung bisa melihat juga bisa memberikan makan pada satwa tersebut. Biasanya yang memberikan makanan adalah anak kecil, jadi orang tua harus mendampingi anak saat melakukan hal tersebut pada satwa.
Apabila orang yang mempunyai hobi mancing, bisa datang kesini dengan membawa alat pancingnya.

Karena di Taman Balekambang juga terdapat kolam yang berisi aneka macam jenis ikan.
Akan tetapi saat memancing ikan disini, ikan yang didapat tidak boleh dibawa pulang, dan harus dikembalikan lagi ke kolam. Dan di kolam tersebut juga ada beberapa perahu yang bisa dinaiki oleh pengunjung. Di taman ini jika ingin memasuki taman reptil bisa membayar seharga 2 ribu saja.

Bisa Dibuat Sebagai Tempat Piknik

Dengan suasananya yang asri dikarenakan banyaknya pepohonan, tempat ini juga biasanya digunakan sebagai tempat piknik bagi keluarga tercinta. Jika pengunjung merasa lapar atau kehausan saat berada disana. Tidak perlu bingung, karena di taman tersebut ada banyak pedagang yang menjual beraneka makanan dan minuman.

Sehingga saat tidak membawa atau kehabisan bekal piknik bisa membelinya di pedagang kaki lima tersebut. Apabila ingin buang air besar atau jika orang muslim yang ingin menunaikan sholat. di tempat ini juga menyediakan fasilitas kamar mandi dan tempat untuk beribadah.

Saat ingin piknik pada sore hari ataupun pagi hari adalah waktu yang cocok dan pas. Karena tidak terlalu terik dan suasana yang sejuk. Pengunjung juga bisa menikmati Kolam Partini Tuin yang terdapat perahu untuk pengunjung pakai. Untuk biaya tiketnya hanya sebesar 2 ribu lima ratus saja. Dan di samping kolam itu juga ada nama Kolam Keceh dengan tiket masuk sebesar 6 ribu per orang.

Terdapat Gedung Kesenian

Taman Balekambang ini sering dijadikan tempat untuk berbagai pertunjukkan seni tradisional. Di Taman Balekambang Surakarta ini juga terdapat gedung kesenian, yang biasanya digunakan sebagai tempat penyelenggara event. Saat ini taman tersebut juga sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyambut jika ada tamu penting yang berkunjung ke Solo.

Acara pesta terbuka atau gala dinner juga biasanya di lakukan di sini. Karena selain gedung keseniannya Taman Balekambang juga terdapat panggung terbuka. Panggung tersebut biasanya digunakan sebagai pentas ketoprak dan masih banyak lagi.

taman satwa balekambang

Rute Menuju Taman Balekambang

Taman Balekambang ini terhitung berada di jantung Kota Solo, apabila ingin menuju kesana dari pusat kota hanya berjarak 4,5 km saja. Atau hanya sekitar 15 menitan saja waktu yang ditempuh jika menggunakan roda empat. Apabila pengunjung dari Jogja, maka setelah melewati Mall Solo Square lurus lalu ada pertigaan di Rumah Sakit Panti Waluyo bisa belok kiri.

Lalu bisa lurus terus dan mengikuti jalan setelah melewati lampu merah kedua. Maka di kanan jalan sudah terlihat gerbang masuk ke Taman Balekambang Surakarta ini. Untuk ke Kolam Keceh atau Kolam Partini Tuin bisa melewati jalur dua pintu. Pintu yang berada di timur di Jl. Raden Mas Said, sedangkan pintu sebelah utara berada di Jl. Ahmad Yani.

Untuk bisa pergi ke Taman Balekambang ini berada di lokasi Jl. Balekambang no.1, Banjarsari, Manahan, Surakarta. Dan untuk masuk ke lokasi tersebut tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Pengunjung hanya membayar parkir saja, jika mobil akan dikenai tarif 5 ribu dan sepeda motor 2 ribu saja.