Saat berkunjung ke Kota Solo mungkin sebagian pengunjung hanya datang ke kawasan wisatanya saja. Namun ternyata di kota ini memiliki sebuah taman cerdas Jebres yang sangat populer dan megah. Di kawasan ini bisa nikmati liburan bersama keluarga sambil belajar. Apa saja yang menarik dari taman cerdas nan mewah ini? Berikut ulasannya:

taman cerdas

Image : Yazid Al-Barkah

Rute Menuju Taman Cerdas Jebres

Tidak sulit untuk menemukan taman wisata ini. Taman ini terletak di jalan Ki Hajar Dewantara, RT 02, RW 25, Kecamatan Jebres, Kota Solo. Taman ini sangat dekat sekali dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Apabila datang dari Alun-Alun Kidul Solo, masuk ke Jalan Ibu Pertiwi menuju jalan Kapten Mulyadi.

Selanjutnya pergi ke jalan Juanda dan menuju ke jalan Jenderal Urip Sumoharjo. Setelah sampai di jalan Jenderal Urip Sumoharjo, pergilah ke arah jalan Kolonel Sutarto untuk menuju ke Jalan Ki Hajar Dewantara.

Harga Tiket Masuk Taman Cerdas Jebres Solo

Di taman wisata yang mewah ini sangat bagus untuk dikunjungi bersama teman ataupun keluarga. Pengunjung akan menemukan berbagai fasilitas lengkap yang dapat dinikmati disini. Lebih senangnya lagi, untuk datang ke taman ini tidak ada biaya tiket yang harus dibayar. Pendatang hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 rupiah saja.

harga tiket taman cerdas

Image : Kunto Wibisono

Kawasan Gedung

Gedungnya terdiri dari 4 bagian, yakni gedung utama, gedung semi tertutup, gedung edukasi dan gedung terbuka. Masing-masing gedung memiliki fungsi masing-masing. Berikut fasilitas gedung :

1. Gedung Utama

Setelah pengunjung memasuki pintu gerbang yang menghadap ke arah barat, akan melewati gedung utama. Pada lantai bawah gedung utama terdapat banyak perangkat komputer. Unit komputer ini boleh dimanfaatkan pengunjung untuk sarana belajar. Sedangkan lantai atas gedung, terdapat seperangkat alat musik gamelan. Semua alat dalam gedung ini boleh dipergunakan, baik untuk latihan musik maupun belajar.

Di gedung utama juga terdapat ruang perpustakaan. Dalam gedung perpustakaan memiliki buku yang sangat lengkap dan ada kantor pengurus taman cerdas Jebres.

2. Gedung Serba Guna Semi Tertutup

Sesuai namanya, gedung ini dapat digunakan untuk melakukan segala aktivitas. Saat ini dipakai untuk Radio Anak Surakarta yang disingkat studio Konata dan pendampingan anak.

3. Gedung Edukasi

Gedung edukasi ini berwarna orange yang diperuntukkan bagi penunjang anak berkreasi. Di ruangan ini terdapat radio anak yang saat ini dipinjam oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Solo.

4. Gedung Terbuka

Bukan hanya ruang tertutup saja, objek wisata Taman Cerdas Jebres Solo juga dilengkapi dengan taman atau ruang terbuka. Gedung terbuka ini terletak di depan gedung perpustakaan sisi selatan dan terdapat taman bermain anak-anak.

Ada permainan jungkat jungkit dan perosotan. Sedangkan taman anak-anak sebelah selatan terdapat lorong yang terhubung ke mini gazebo antara satu dengan lainnya. Gazebo ini juga dimanfaatkan untuk bersantai. Selain itu juga sebagai media pembelajaran melatih ketangkasan dan kecepatan anak kecil.

Bagian belakang play ground sebelah timur juga ada mini aula untuk melakukan beragam kegiatan. Di area ini juga tersedia wifi hotspot. Tak jarang mahasiswa maupun masyarakat umum berkumpul di area ini.

Baca juga : Taman Sriwedari

objek wisata taman jebres

Image : Rahman Hilmy

Objek Wisata Taman Jebres

Di Taman Cerdas Jebres, pengunjung akan melihat patung-patung tokoh sejarah perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajahan. Yang paling menonjol di taman ini adalah patung tokoh perwayangan yang terkenal. Selain itu juga wisatawan seakan-akan berada kembali di zaman purba dan disuguhkan dengan lukisan tiga dimensi. Berikut ulasan lebih lanjutnya :

1. Patung Perwayangan

Terdapat patung perwayangan yang dibentuk dari fiber dengan ketinggian tiga meter. Lewat patung perwayangan tersebut, pengunjung dapat lebih mengenal kisah-kisah Kresna, Bima, Gatotkaca, Rama, Shinta dan Hanoman yang dapat diambil nilai keteladanannya.

2. Patung Menggambarkan Tokoh Perjuangan

Sejarah perjuangan memperebutkan kemerdekaan memang tidak akan pernah bisa dilupakan. Untuk melihat kisah-kisah perjuangan dari masa kerajaan hingga era sesudah kemerdekaan, di taman ini memiliki relief-relief yang mendeskripsikan perjalanan bangsa Indonesia. Selain itu juga terdapat patung dwi tunggal Indonesia Soekarno – Hatta dan tokoh pendidikan yakni Ki Hadjar Dewantara.

3. Taman Purba

Penasaran dengan zaman purba? Disisi Utara, pengunjung akan disuguhkan oleh patung manusia purba dan satu spesies dinosaurus setinggi lebih kurang empat meter. Sementara untuk patung manusia purba terdiri dari tiga patung. Semua area visual ini dihadirkan untuk memberikan pengetahuan bagi setiap pengunjung.

4. Empat Tema Lukisan Tiga Dimensi

Objek wisata taman cerdas jebres ini memiliki empat tema lukisan dimensi yang memperlihatkan alam, angkasa, hewan dan buku. Lukisan ini dilukis pada area selatan aula taman. Tema pertama dari lukisan ini yaitu gajah seperti yang keluar dari dinding. Di sebelah lukisan gajah, ada lukisan dua ekor burung terbang ke jendela.

Ketiga bertema angkasa yang disuguhi dengan lukisan bermacam-macam planet dilukis lengkap dengan bintang dan matahari. Sebuah teleskop digambarkan seakan-akan siap dipakai untuk melihat objek luar angkasa.

Bagian paling barat adalah lukisan sebuah buku yang bertuliskan Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Indonesia. Selain itu dalam buku itu juga bertuliskan kata Solo. Buku itu seolah berada di balik dinding dengan background lukisan Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Tema keempat adalah lukisan pada lantai pada sisi selatan tembok. Ada lukisan pemandangan panorama dalam laut lengkap yang sangat indah. Di dalamnya terdapat lukisan lumba-lumba, berbagai jenis ikan lainnya serta terumbu karang.

fasilitas taman jebres

Image : Dian Fitria

Fasilitas Taman Cerdas Jebres

Taman ini merupakan taman yang berkonsep ruang terbuka hijau ramah dan dimanfaatkan anak-anak untuk menunjang aktivitas belajar. Lahan taman ini seluas 3.000 meter persegi. Berbagai fasilitas dapat ditemukan di kawasan objek wisata ini, salah satunya Panggung Terbuka.

Di belakang gedung utama, terdapat arena terbuka yang dimanfaatkan untuk pertunjukan teater atau pagelaran seni lainnya. Tempat duduk panggung itu dibuat berundak dan semi melingkar. Tersedianya tempat ibadah bagi orang muslim untuk menunaikan ibadah sholat. Selain itu juga disediakan toilet di bagian utara taman purba.

Banyak manfaat dan pendidikan yang didapatkan oleh pengunjung saat berkunjung ke Taman Cerdas Jebres ini. Selain menambah kreativitas anak-anak, fasilitas yang memadai, tidak dikenakan biaya lagi.