Destinasi Wisata Taman Satwa Taru Jurug Informasi Lokasi, HTM

Taman Satwa Taru Jurug atau biasa disebut juga dengan Taman Pelangi Jurug ini menjadi tempat favorit wisatawan jika berkunjung ke Kota Solo. Apabila Taman Satwa Jurug beroperasi pada siang hari, maka Taman Pelangi buka pada malam harinya. Di Taman Satwa Taru Jurug ini ada berbagai banyak satwa dan wahana baru. Dibawah ini adalah destinasi dan lokasi Taman Satwa Taru Jurug.

jurug solo zoo

Lokasi Dan HTM Taman Jurug

Taman Taru Jurug ini beralamat di Jl. IR Sutami No.109, Jebres Kota Surakarta. Untuk tiket masuknya pengunjung hanya mengeluarkan 15 ribu untuk hari biasa dan 20 ribu untuk hari libur. Dan hanya membayar untuk parkir jika sepeda motor 2 ribu saja.

Taman Satwa Taru Jurug ini berada di tengah kota, sehingga pengunjung dapat mengakses dengan mudah. Untuk Taman Pelangi dibuka mulai jam 16:00-23:00 WIB. Dan untuk Taman Satwanya dibuka mulai pagi hingga sore.

Destinasi Yang Bisa Dikunjungi

Dan jika malam harinya akan ada banyak lampu-lampu yang sangat epic untuk berfoto dan instagramable. Banyak wahana baru dan menarik yang telah disediakan bagi para pengunjung. Berikut ini adalah wahana atau destinasi yang ingin mengunjungi Taman Wisata Taru Jurug.

Taman Pelangi

Di dalam Taman Satwa Jurug ini terdapat taman yang menggunakan banyak warna. Maka dari itu salah satu bagian dari Taman Satwa Jurug ini disebut Taman Pelangi. Dan juga terdapat banyak lampion yang warna-warni dengan berbagai bentuk. Apalagi jika pengunjung ingin ke Taman Pelangi disarankan akan terlihat lebih indah pada saat malam hari.

Lampion ini berbahan plastik sehingga tidak mudah robek atau rusak, yang dengan berbagai macam bentuk dan warna. Pada saat malam hari akan semakin menambah keindahan Taman Pelangi ini. Dengan spot foto yang beragam dan pasti sangat instagenic ini cocok untuk yang suka berselfie atau berfoto dengan teman atau keluarga.

Spot foto yang ada disini seperti sebuah gerbang yang berbentuk pelangi, karena namanya saja Taman Pelangi. Lalu juga ada lampion berbentuk naga yang bisa digunakan untuk spot foto bagi pengunjung. Dan ada juga lampion dengan berbagai bentuk ikan kecil sampai besar seperti ikan nemo.

Tidak hanya itu saja ada banyak lagi lampion dengan bentuk hewan. Karena taman pelangi ini masih satu kawasan dengan Taman Satwa jadi kebanyakan lampion lampion yang ada di Taman Pelangi berbentuk hewan. Dan spot foto dari Taman Pelangi yang paling instagenic adalah lampion dengan bentuk hamparan bunga dari plastik.

lokasi taman satwa jurug

Baca juga : Astana Giribangun

Wahana Satwa

Dari nama taman tersebut pasti sudah tahu bahwa taman itu akan ada banyak satwanya. Taman satwa jurug ini juga bisa diibaratkan seperti kebun binatang. Karena selain terdapat beraneka jenis hewan juga terdapat berbagai wahana baru untuk anak-anak. Di Taman Satwa Jurug ini terdapat satwa dengan nama Elepant Maximus.

Gajah tersebut memang berukuran lebih besar daripada gajah yang lainnya. Apabila ingin menjumpai gajah tersebut. Pengunjung saat memasuki kawasan taman tersebut akan langsung disuguhi gajah itu. Dan selain itu ada beberapa satwa yang diawetkan di sini seperti singa, harimau, beragam jenis burung, dan ular.

Bagi para penggemar burung bisa melihat beragam macam burung yang disediakan seperti beragam jenis elang. Dan masih banyak lagi hewan-hewan yang disediakan yang ada disini seperri rusa, kuda, kanguru, monyet. Selain untuk berwisata atau sekedar menikmati liburan juga mendapatkan pengetahuan baru. Tempat ini sangat bagus bagi orang tua untuk mengenalkan hewan pada anak sejak dini.

Air Mancur Menari

Air mancur menari ini atau biasa disebut dengan dancing fountain adalah wahana yang termasuk baru di taman satwa jurug ini. Diberi nama seperti itu karena air mancur tersebut bisa menari-nari sesuai dengan irama lagu yang diputar. Dan juga para pengunjung bisa melihat pipa yang berada di tengah air mancur.

Akan menyemprotkan air setinggi 30 meter selama beberapa detik. Pada saat lagu berikutnya diputar, air mancur akan berubah menjadi water screen yang akan menampilkan sebuah video. Sayangnya dalam sehari air mancur menari ini hanya dibuka dan ditontonkan selama tiga kali saja yakni pada pukul 19:00, 20:00, dan 21:00 WIB saja.

Air mancur ini beroperasi dengan durasi yang hanya memutarkan 2-4 lagu saja atau 10-20 menitan. Bagi para pengunjung sebaiknya datang pada saat jam tersebut karena bisa menikmati wahana air mancur menari ini.

Food Court

Jika pengunjung lapar setelah menikmati berbagai wahana yang ada di Taman Satwa Taru Jurug ini. Pengunjung bisa mengobati rasa lapar dengan menikmati berbagai macam makanan yang telah dijual di food court yang telah disediakan.

Di dalam food court tersebut juga ada beberapa macam makanan yang dijual dengan harga yang bervariasi. Harga makanan dan minuman yang dijual disana pun sangat ramah dikantong.

wahana taman satwa jurug

Wahana Untuk Anak

Wahana disini bisa dinikmati bagi anak-anak. Jadi taman ini cocok bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama. Wahana yang disediakan berupa bom-bom car, komedi putar, kereta mini, fliying fox, dan masih banyak lagi. Taman wisata taru jurug ini akan membuka kembali wahana baru yang bernama kolam keceh. Selain wahana tersebut pengunjung juga bisa menunggangi hewan yang disediakan.

Tetapi tidak semua hewan bisa ditunggangi, hanya gajah dan unta saja. Namun hewan tersebut bisa dinaiki oleh pengunjung apabila jika hari minggu saja atau tanggal merah. Jadi bagi pengunjung yang memang datang kesana ingin menunggangi hewan tersebut sebaiknya datang pada hari itu. Atau juga terdapat spot foto yang burung bisa hinggap ditangan.

Taman wisata ini sangat instagenic yang bagus dan indah saat difoto, cocok untuk anak muda jaman sekarang. Taman satwa ini lebih dikenal dengan taman pelangi, karena keindahan dari lampu yang saat malam hari akan terlihat indah. Pengunjung tidak disarankan untuk memberi makan pada hewan di sana.