Telaga Sarangan Lokasi Wisata Harga Tiket Masuk dan Daya Tarik

Telaga sarangan – Salah satu yang menjadi daya tarik kota Magetan adalah sebuah telaga yang menjadi tempat wisata terkenal bernama Sarangan. Bahkan sebagian orang menganggap telaga ini mirip dengan Lake Geneva yang letaknya di Prancis dari sisi keindahannya. Simak ulasan tentang Telaga Sarangan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Telaga Sarangan merupakan sebuah telaga alami dan merupakan tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Lawu. Telaga yang berada pada ketinggian 1.200 meter ini berlokasi di kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan Jawa Timur. Jika dari arah barat pusat kota Magetan jaraknya sekitar 16 kilometer.

lokasi telaga sarangan

Sama dengan ketika mengunjungi tempat wisata lain pada umumnya, untuk masuk ke Telaga Sarangan pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk. Harga yang dikenakan pada pengunjung juga cukup terjangkau dan masih normal. Sesuai dengan fasilitas yang akan diterima oleh wisatawan.

Bagi pengunjung dewasa, tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar 20.000 rupiah. Sementara untuk anak-anak tarifnya sedikit lebih murah yaitu hanya 10.000 rupiah saja. Jika membawa kendaraan pribadi, pengunjung akan dikenakan tarif parkir sebesar 5.000 rupiah untuk mobil dan 2.500 rupiah untuk sepeda motor. Sementara tarif parkir bus sebesar 10.000 rupiah.

Akses Menuju Lokasi Telaga Sarangan

Telaga Sarangan jika dari wilayah Tawangmangu kira-kira berjarak 5 kilometer. Pengunjung sudah bisa mendapatkan akses jalan yang cukup baik untuk menuju tempat ini. Namun juga perlu meningkatkan kewaspadaan ketika membawa kendaraan sendiri. Pasalnya jalan yang akan dilalui beberapa berupa tanjakan atau berkelok-kelok karena lokasinya sendiri yaitu area pegunungan.

Untuk menuju lokasi, wisatawan juga bisa menaiki kendaraan umum. Pengunjung yang datang dari Surabaya bisa langsung naik bus jurusan Madiun. Jika sampai Madiun, cari kendaraan yang mengarah ke Magetan. Setelah sampai Magetan bisa naik angkutan umum langsung ke Sarangan.

wisatai telaga sarangan

Jika datang dari Jakarta, Jogja, Dan Jawa Tengah pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum bis atau kereta. Kalau bis, diawali dengan mencari bis Solo menuju ke Terminal Tirtonadi. Setelah itu naik bus lagi ke Tawangmangu. Dari situ cari angkatan umum jurusan Sarangan untuk sampai lokasi.

Jika kereta, dari stasiun balapan naik angkutan umum menuju ke terminal Tirtonadi. Setelah sampai terminal, langkah selanjutnya sama dengan ketika memilih naik bis.

Baca juga artikel tentang wisata : kebun teh kemuning

Daya Tarik Serta Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Telaga Sarangan merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang sayang untuk dilewatkan. Tempatnya terkenal selalu ramai pengunjung karena memiliki sejumlah daya tarik. Berikut daya tarik serta beberapa aktivitas yang bisa dilakukan ketika mengunjungi tempat wisata ini.

1. Merupakan Telaga Alami Dan Cukup Luas

Sarangan merupakan telaga alami dan memiliki luas yang cukup besar. Telaga ini kira-kira memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman mencapai 28 meter.

2. Menjelajahi Telaga Dengan Perahu Motor Dan Becak Air

Pengunjung dapat mencoba untuk mengitari telaga dengan menyewa perahu motor atau becak air yang telah disediakan pengelola. Setidaknya ada 51 perahu motor dan 13 becak air yang siap disewa pengunjung. Pasti menyenangkan berkeliling telaga sembari menikmati pemandangan sekitar dan merasakan kesejukan udara khas pegunungan yang menenangkan.

Dengan mengendarai perahu motor atau becak air ini, pengunjung akan diajak berkeliling telaga sebanyak 2 putaran. Adrenalin akan terpacu karena gelombang ombak yang dihasilkan cukup mampu mengocok perut. Selain itu kendaraan ini sengaja dijalankan dengan kecepatan yang fantastis.

3. Menikmati Kesejukan Udara Khas Pegunungan

Wisata telaga ini, bisa menjadi rekomendasi warga perkotaan yang terbiasa tinggal di daerah yang cukup panas. Hal tersebut dikarenakan tempat ini menawarkan kesejukan udara yang tentu sangat berbeda dengan daerah perkotaan. Suhu udara di tempat ini bisa mencapai 20 hingga 15 derajat Celsius. Udara yang cukup dingin bisa menciptakan kenyamanan tersendiri.

4. Menikmati Pemandangan Sekitar Telaga

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar telaga dengan rimbunnya pepohonan di sekitarnya. Mengingat lokasi telaga sendiri berada di area pegunungan. Apalagi ditambah dengan jernihnya air telaga yang mampu menyejukkan mata. Ditambah suasana hening yang mampu menenangkan pikiran.

daya tarik telaga sarangan

5. Mengikuti Upacara Bersih Desa Bulan Ruwah (Bulan Puasa)

Pengunjung jika berlibur saat bulan ruwah (bulan puasa menurut penanggalan jawa), maka bisa sekalian ikut menyaksikan upacara bersih desa. Upacara ini diadakan oleh penduduk sekitar sebagai wujud tolak bala atau buang sial sekaligus bersyukur atas rezeki yang diberikan Tuhan. Selain itu, upacara ini konon juga untuk memperingati terbentuknya telaga tersebut.

6. Berkuda Mengitari Area Telaga

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pesona telaga ini saja. Jika ingin mencoba sensasi yang berbeda, disarankan untuk menyewa kuda dan berkeliling di sekitar area telaga.

7. Wisata Kuliner

Pengelola telah menyiapkan sekitar 19 rumah makan yang tersebar di sekitar area telaga. Hal tersebut memungkinkan pengunjung untuk melakukan wisata kuliner. Terdapat banyak menu yang bisa dipilih. Ada hidangan khas yaitu sate kelinci yang sayang untuk dilewatkan.

Pengunjung juga bisa mencoba kuliner yang cukup terkenal di wilayah tersebut yaitu pecel khas Sarangan. Tidak hanya makanan berat, wisatawan dapat mencicipi aneka jajanan seperti jagung bakar dan lain-lain yang juga banyak dijajakan.

8. Berbelanja Oleh-oleh

Terdapat juga puluhan kios yang berjajar menjual aneka macam dagangan yang bisa dimanfaatkan untuk oleh-oleh dan cindera mata. Banyak cindera mata yang ditawarkan misalnya anyaman bambu, kerajinan dari kulit, sepatu kulit dan lain-lain. Bagi yang ingin membeli oleh-oleh makanan pun tersedia di tempat ini.

Pengunjung dapat mencoba untuk membeli camilan khas seperti emping melinjo dan lempeng. Ada juga kerupuk puli yaitu camilan seperti kerupuk yang terbuat dari nasi.

9. Mencoba Sensasi Berkemah Atau Camping

Pengunjung yang suka berpetualang, mungkin memiliki keinginan untuk mencoba berkemah di sekitar area telaga. Tepatnya di sebelah sisi barat selatan kawasan telaga terdapat sebuah area tempat pramuka. Wisatawan bisa berkemah di area tersebut. Bahkan kini telah disediakan juga beragam wahana untuk melengkapi aktivitas yang dilakukan pengunjung.

Itulah ulasan singkat tentang Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan, Jawa timur. Jika kebetulan sedang berkunjung ke daerah tersebut, tidak ada salahnya untuk mampir sekaligus berwisata.